DPMPTSP Mengikuti Bimtek Pelayanan Publik
DPMPTSP Mengikuti Bimtek Pelayanan Publik
KEBUMEN - Bimtek Pelayanan Publik “Pembaharuan Data pada Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Website Resmi Perangkat Daerah Kabupaten Kebumen" oleh Bagian Organisasi Setda Kebumen
DPMPTSP mengikuti Bimtek Pelayanan Publik “Pembaharuan Data pada Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Website Resmi Perangkat Daerah Kabupaten Kebumen" di Ruang CAT BKPSDM Kabupaten Kebumen pada Selasa, 14 Februari 2023.
Bimbingan Teknis dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kebumen sekaligus memberikan paparan mengenai Transformasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik.
Tujuan SIPPN adalah untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik sehingga masyarakat dapat memberikan feedback yang cepat dan baik kepada unit kerja. Informasi yang harus dipublikasikan di SIPPN diantaranya Profil Penyelenggara, Profil Pelaksana, Maklumat Pelayanan, Standar Pelayanan, Pengelolaan Pengaduan (kontak person dan penanganan pengaduan), Penilaian Kinerja, Layanan Publik Berbasis Elektronik, dan Berita.
Materi kedua disampaikan oleh Subkoordinator Pelayanan Publik dan Tata Laksana Mengenai Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik/PEKPPP.
Pada Bulan Juli PEKPPP akan di launching secara mandiri oleh Pemda. Sehingga PEKPPP selanjutnya akan dinilai mandiri oleh Bagor dan Inspektorat. Untuk saat ini aplikasi sedang dikembangkan oleh Dinkominfo. Sementara SIPP masuk dalam aspek 4 penilaian PEKPPP. Unit kerja dapat memaksimalkan penggunaan website dan media sosial untuk SIPP. Instrumen PEKPPP diantaranya Standar Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, SIPP, Konsultasi pengaduan, dan Inovasi.
Acara dilanjutkan dengan Bimtek menginputkan profil penyelenggara di SIPPN dan menautkan SIPPN di Website OPD.