Rakor Perbaikan Pelayanan Publik Dalam Rangka Peningkatan Dimensi Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK)
Rakor Perbaikan Pelayanan Publik Dalam Rangka Peningkatan Dimensi Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK)
Perbaikan Pelayanan Publik dalam rangka Peningkatan Dimensi Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK)
Kepala DPMPTSP Kabupaten Kebumen, Dra. Hj. Dyah Woro Palupi, bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, H. Ahmad Ujang Sugiono, SH., Kepala Disdikpora, Kepala Dinkes PPKB, Kepala Dinas PMD dan Kepala Disdukcapil menghadiri Rapat Kordinasi Perbaikan Pelayanan Publik dalam rangka Peningkatan Dimensi Indeks Perilaku Anti Korupsi pada hari Rabu 26 Juli 2023.
Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Novotel Hotel Yogyakarta ini membahas peningkatan dimensi indeks perilaku anti korupsi di wilayah DIY, Kalsel serta Jawa Tengah. Dalam paparannya, Pimpinan Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais menuturkan Ombudsman sebagai lembaga independen yang mempunyai kewenangan dalam mengawasi penyelenggaraan publik, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, BUMN, BUMD maupun badan swasta atau perorangan.
Indraza menambahkan kegiatan maladministrasi dan korupsi yang mungkin terjadi pada lembaga pelayanan publik yaitu adanya praktek penyalahgunaan wewenang, permintaan dan menerima imbalan, adanya konflik kepentingan, suap menyuap, penggelapan jabatan, pemerasan serta gratifikasi.
Berdasarkan laporan masyarakat yang diterima Ombudsman RI, Pemerintah Daerah menempati posisi tertinggi dengan 42.42% lembaga yang banyak dilaporkan oleh masyarakat dengan 35.23% maladministrasi pada penundaan kinerja. Disisi lain, survey yang dilakukan oleh Ombudsman RI terkait nilai kepatuhan di Provinsi DIY menyatakan 91.15% atau dengan kualitas tinggi, Provinsi Jawa Tengah 93.14% atau dengan kualitas tertinggi.
Kabupaten Kebumen sendiri memperoleh nilai 90.04% sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh nilai 69.38% atau dengan kualitas sedang.
Sebagai closing statement, Indraza berpesan kepada gubernur, walikota serta bupati untuk memberikan apresiasi kepada pimpinan unit pelayanan publik yang memperoleh predikat dengan kepatuhan tinggi, memberikan teguran juga mendorong terimplementasinya standar pelayanan publik kepada unit pelayanan publik dengan predikat sedang dan rendah.
Dengan adanya kegiatan tersebut, menjadi tolak ukur dan mendorong DPMPTSP Kabupaten Kebumen sebagai salah satu unit pelayanan publik untuk terus berupaya menerapkan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat serta pelayanan yang bersih dan terbuka.
#DPMPTSPKabKebumen
#MPPKebumen
#KebumenProInvestasi
#JujurBersihMelayani
#KebumenSemarak
#ASNBerAKHLAK
#BanggaMelayaniBangsa